Tuesday, October 8, 2013

Tips Menjinakkan Budgie



Burung Parkit  / Budgie adalah salah satu burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, burung ini juga hidup berkoloni. 
Namun naluri alamiah yang dimiliki burung Parkit kerap membuat burung ini berontak saat didekati manusia.
Jika Anda mengetahui trik-trik untuk menjinakkan burung Parkit, tentu ini akan menjadi hal yang mudah. Berikut ini beberapa trik khusus untuk menjinakkkan burung Parkit:
  • Setelah membeli burung dari pedagang burung atau pet shop segera mandikan burung Parkit dengan tangan Anda sendiri, agar terjalin kedekatan secara emosional. Basuhkan air secara perlahan, lembut dan penuh kasih sayang. Kemudian coba letakkan si Parkit di jari telunjuk Anda untuk bertengger. Ada burung yang langsung bertengger tenang sambil menata bulu-bulunya agar rapi dan cepat kering. Namun ada juga yang masih bingung dan ingin kabur. Jika hal ini yang terjadi sebaiknya segera masukkan kandang dan ulangi keesokan harinya.
  • Untuk burung Parkit yang sudah bisa tenang di atas tenggeran jari telunjuk Anda, selanjutnya coba tawarkan makanan kesukaannya seperti milet putih atau merah, biskuit, jewawut, tauge atau lainnya. Bila ia merespon, tanda bahwa burung sudah mulai jinak. Namun bila belum merespon biarkan beberapa saat agar tenang di atas jari telunjuk Anda, lalu masukkan ke dalam kandang.
  • Kandang Parkit yang belum jinak cukup diberi air minum saja, agar rasa lapar burung memberinya keberanian untuk mengambil makanan dari tangan Anda secara langsung. Biasanya butuh waktu 1 hari, setelah burung sedikit berpuasa, Parkit akan mulai mau mengambil makanan langsung dari tangan Anda.
  • Selama masih dalam proses penjinakan, pastikan burung hanya makan dari tangan Anda secara langsung sehingga ia akan beradaptasi dengan Anda lebih cepat. Namun jangan diberi makan langsung dari tangan tanpa dalam kondisi basah atau setelah dimandikan. Agar burung tidak kabur atau terbang. Karena kondisi basah biasanya akan membuat burung mengurusi bulu-bulunya.
  • Bila burung Parkit Anda sudah mau makan langsung dari tangan Anda, suapi makanan kesukaannya. Sesekali perintahkan burung agar berpindah tenggeran dari jari telunjuk Anda yang satu ketelunjuk yang lain. Bila ia mau melakukannya, beri suapan hadiah untuknya sambil sebut namanya agar terbiasa dengan perintah Anda. Lakukan seperti ini beruang-ulang hingga burung Parkit Anda benar-benar jinak.
Tanda Parkit yang sudah mulai jinak:
  • Mau bertengger tenang di atas jari telunjuk atau tangan kita.
  • Mau makan langsung biji-bijian dari pemberian tangan kita.
  • Tidak gelisah dan tidak ingin kabur.
  • Merespon, setiap namanya kita panggil.
Tips untuk burung Parkit yang pernah jinak kemudian kembali liar: Dekatkan atau kumpulkan dengan burung Parkit yang jinak. Biasanya burung yang pernah jinak akan lebih mudah tenang dan beradaptasi langsung dengan teman-temannya. 
Sifat hidup yang suka berkoloni akan mendorongnya mudah berbaur dengan kelompoknya. Begitu burung Parkit mulai tenang maka proses penjinakan menjadi lebih mudah.

2 comments:

  1. Kalau burung ini terlepas...dia akan dtg atau tidak kepada tuannya semula

    ReplyDelete
  2. Kalau burung ini terlepas...dia akan dtg atau tidak kepada tuannya semula

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...